Bani Saleh Education Day (B-SED)




Huaaaaah saat ini gue cuma bisa menghela nafas setelah dua event besar yang telah direncanakan jauh – jauh hari sebelumnya berjalan lancar dan sukses. Dua event itu antara lain adalah TATIP#2 – Uturistic (29 Januari 2011) dan Bani Saleh Education Day (5 Februari 2011). Tapi tapi di kesempatan ini gue ngga cerita tentang TATIP#2 karena uda kelewat pusing :p. Jadinya di tulisan ini gue coba menceritakan event Bani Saleh Education Day 2011 yang baru berlangsung seminggu yang lalu.

Pra-Event
Emmmmmm a little story, acara ini uda gue pikirin dari pelaksanaannya Edu Day Bani Saleh tahun yang lalu. Yang mana di acara itu gue sama sekali ngga bisa nanya buat dapet informasi yang gue butuhin, sebabnya ya karena teknis pelaksanaan yang kurang terkoordinir dengan baik sama kakak kelas. Dari situ gue berencana untuk ngebuat Edu Day yang lebih dari sebelumnya, baik dari segi konsep maupun pelaksanaan. Trus mulai memasuki dunia kuliah sempat disibukkan dengan tugas – tugas kuliah dan praktikum yang ‘hampir’ membuat gue ngelupain rencana gue dulu.

Akhirnya mulai dari awal Oktober gue mulai ngumpul-ngumpulin data tempat kuliah anak-anak alumni. Yang dilanjutkan dengan mulai mikir-mikir gimana enaknya buat konsep. Bersamaan dengan itu, temen gue Ramadhani Ryan MIPA Fisika (Nyonyon) ngajak buat bikin teknis bareng rencana Edu Day. Sampai si Fauzian Rahman UI Hukum (Jian) kontak kita buat ngajak juga, sedangkan kita udah bikin banyak persiapan disini :p. Akhirnya kita mulai dari pembentukan panitia utama yang nanti kedepannya bakal megang keseluruhan acara ini. Dipilih Jian sebagai Ketua 1, Nyo2n sebagai Ketua 2, gue? Jadi penanggungjawab aja hahaha XD. Akhirnya kita yang anak-anak Jogja pun mulai bikin konsep acara yang sementara bakal diajuin ke temen-temen. Gue, Nyo2n, plus Sandra Agustina Faperta MSP (Sandra) mulai sibuk nyusun-nyusun dan ngumpulin data-data alumni *tetep*. Kita susun semua mulai dari konsep, poster, koordinasi panitia dan sebagainya sampai ditetapkan pelaksanaan acara tanggal 29 Januari 2011.

Tapi ada sedikit masalah sewaktu di proses kita ini, acara TATIP#2 yang rencana awal dilaksanain tanggal 23 Januari 2011 setelah UAS, diundur jadi tanggal 29 Januari 2011 dikarenakan tanggal 23 udah ada Tortila yang ngeboking fakultas buat ngelaksanain Try Out juga *kalah start*. Karena acara itu ga mungkin diundur lagi, jadinya acara gue yang ngalah buat diadain tanggal 5 Februari 2011.

Penyusunan konsep dan koordinasi ke sekolah pun mesti disusun ulang sama seluruh panitia utama, tapi alhamdulillah semuanya lancar . J itu tadi sedikit cerita sebelum pelaksanaan.anaan Edu Day Bani Saleh tahun yang lalu. Yang mana di acara itu gue sama sekali ngga bisa nanya buat dapet informasi yang gue butuhin, sebabnya ya karena teknis pelaksanaan yang kurang terkoordinir dengan baik sama kakak kelas. Dari situ gue berencana untuk ngebuat Edu Day yang lebih dari sebelumnya, baik dari segi konsep maupun pelaksanaan. Trus mulai memasuki dunia kuliah sempat disibukkan dengan tugas – tugas kuliah dan praktikum yang ‘hampir’ membuat gue ngelupain rencana gue dulu.

Event -4
Setelah selesai event TATIP#2 gue baru bisa pulang hari selasanya, artinya gue uda ngga ikut persiapan Edu Day selama seminggu. Tapi selama gue ngga ada, Jian dan Nyo2n uda atur beberapa persiapan bareng anak panitia yang lain kaya Irditio Prihatmojo UIN Perb.Syariah (Petot), Cahyo Rizki UGD MI (Cayo), Yoga Prasmeidy IPB Tek.Produksi (Yoga), M.Havis Yanuar UNS Hukum (Hapis) dan panitia lainnya. Jadi pas gue dateng, kita cuman matengin persiapan dan koordinasi sama angkatan atas buat pelaksanaan hari-H nanti. H-1 event, persiapan udah 90% lebih, alat-alat kaya proyektor, sound buat seminar pun uda beres.

Event is today!
Pagi – pagi jam setengah 7 panitia harus udah ngumpul di sekolah buat siap – siap. Tapi yaaa you know me so well laah (jadi SM*SH), cuman beberapa panitia yang bener – bener niat aja yang dateng jam segitu. Pagi – pagi lapangan disiapin buat ngebikin stand acara utama nanti, sementara gue lebih koordinasi sama sekolah kalo pelaksanaan acara mau dimulai. Setelah kita briefing dan berdoa bersama untuk kelancaran acara, selanjutnya adalaaahhhh -- > Pembukaan di aula, kesan pertama ngeliat anak-anak kelas12 sekarang : sama aja kaya dulu. Berisik! Kaga bisa diem elah! Buset daah. Dan tebak gue jadi apa? *jengjengjeng* yak! Jadi MC! Mantap lah sekalian ngelatih cara komunikasi.

Acara dibuka sama Ketua Panitia, trus dlanjutkan buat persentasi masing-masing fakultas ke kelas-kelas. Siswa kelas12 diarahkan buat masuk ke kelasnya masing-masing, lalu perwakilan setiap fakultas masuk buat persentasi tentang fakultas mereka. Di bagian ini, ada sedikit masalah yaitu fakultas yang masuk ke kelas IPS lebih sedikit dibandingin kelas IPA, akibatnya kelas IPS selesai lebih dulu buat persentasinya, sedangkan IPA belum. Gara-gara itu, anak IPS jadi banyak yang berkeliaran sekitar sekolah, keadaan jadi ga kondusif =3=. Selama waktu persentasi ke kelas, panitia lain bertugas nyiap-nyiapin stand di lapangan, sampe sebelum jam istirahat semua stand udah selesai :D. Karena keadaan agak sedikit tenang, jadi gue mau mindah-mindahin foto di kamera ke lappi yang gue bawa. Tapi ternyata ada keadaan yang ga diduga-duga! Hujan!! 

Walaupun cuman gerimis, tapi semuanya langsung bingung buat masalah standnya. Akhirnya stand di pinggir-pinggirin lagi ke lapangan dan nunggu sampe ujan reda. Jam istirahat, kita mesti muter otak lagi supaya penempatan stand bisa tepat kalo-kalo nanti ujan tiba-tiba dateng lagi. Acara stand dimulai, siswa kelas12 dilepas gitu aja buat nanya-nanya dengan bebas tentang jurusan yang mereka mau di tiap stand. Untungnya siswa-siswa kelas12 sekarang lumayan antusias buat ngikutin acara ini, jadi kita ga cuman sekedar majang stand doang deh. Acara stand selesai, kita briefing di tengah lapangan buat acara selanjutnya. Karena jam istirahat, jadi gue sempet-sempetin buat makan siang di warteg bareng Hapis, Yoga, Semi, Dwi, Bdul. Porsi warteg serasa kebanyakan *-*, makannya jadi ngga abis dah.

Akhirnya setelah solat Dzuhur, acara dimulai lagi di aula, selanjutnya seminar yang diisi oleh Joevarian dari Psikologi UI 2010. Waktu terasa lama dan agak molor, jam 2 kurang 15menit seminar selesai dengan PR buat anak-anak yaitu nulis keinginan mereka di sebuah kertas. Acara ditutup, dan secara keseluruhan acara berlangsung lancar dan sukses :D. Semua panitia ngumpul buat rapat evaluasi di aula, trus saling mengungkapkan kesan dan pesan lah tentang acara ini. Abis itu kita rame-rame bersihin lapangan yang bekas stand tadi, ada yang poto-poto, ada yang enak-enak ngobrol, tapi yaaa it’s okay lah secara keseluruhan paling ngga acara ini sukses. Dan jumlah alumni angkatan gue yang dateng sampe 79orang, itu cuman yang di absen, sedangkan yang ngga absen lebih banyak XD.


Selesai bersih-bersih kita siap-siap buat yang ditunggu-tunggu dari tadi yaituuu : poto-poto satu angkatan *jengjeng*. Hahahha, entah kenapa tapi tanpa poto-poto semuanya serasa ngga lengkap :P. Abis selesai poto-poto, beberapa panitia ada yang pulang dan ada juga yang masih ngumpul-ngumpul buat jalan-jalan sendiri. Di depan pintu gerbang, beberapa orang *termasuk gue* ngobrol sama Pak Slamet untuk perkembangan acara kaya gini ke depannya, pesennya sih tahun depan koordinasi antar angkatan harus lebih ditingkatkan lagi. Okeh saran diterima pak, tahun depan tunggu kelanjutan perkembangan acara kita ini :D *big smile*. Selesai


3 comments:

Irditio mengatakan...

Salam, numpang baca!!
Huahaha..

nyon mengatakan...

ngikuuuuut... :D

fkuur mengatakan...

gw malah baru baca komen kaya gini XD

 

Link Travel Bloggers Indonesia

Travel Blogger Indonesia

Kunjungi Saya Juga Disini!

Flickr Fakur! Tumblr Fakur!

Atau Disini!


Soundcloud Fajar Kurniawan!

Twitter Fajar Kurniawan!